Kategori
artikel

Jajanan Khas Jakarta Buat Oleh-Oleh

jajanan khas jakarta

Masih bingung mencari oleh-oleh khas Jakarta yang jadi favorit banyak orang? Salah satu oleh-oleh yang paling banyak dicari saat berkunjung ke Jakarta adalah makanan khas dan tradisional yang semakin lama semakin sulit ditemukan. Meski begitu, hingga saat ini masih ada berbagai macam oleh-oleh yang patut Anda coba untuk dibawa pulang saat berwisata di Jakarta.

Berikut beberapa oleh-oleh khas Jakarta yang sayang untuk dilewatkan.

 

Dodol Betawi

Jika Garut punya dodol garut, Jakarta juga punya dodol sendiri, yaitu dodol Betawi. Dodol sendiri terbuat dari campuran beras putih, beras hitam dan beras merah serta gula aren. Salah satu kelebihan dari oleh-oleh khas Jakarta ini adalah tahan lama meskipun tidak menggunakan bahan pengawet buatan.

Roti Buaya

Seperti namanya, roti buaya sangat mirip dengan buaya, bahkan dalam beratnya. Roti ini sering digunakan sebagai rencana pengiriman.

Namun tentu saja, pada saatnya nanti, Anda akan bisa menikmati rasa roti buaya tanpa acara besar Betawi. Kue buaya kini mudah ditemukan di toko-toko suvenir Jakarta.

Kue semprong

Rasa kue semprong membuat hidangan ini populer di seluruh Indonesia. Rasa gula merah yang dipadukan dengan kue semprong juga menarik. Kue ini memiliki bentuk tabung memanjang dengan tekstur yang lezat.

Bir Pletok

Meski disebut bir, minuman yang umum di Jakarta ini tidak mengandung alkohol. Secara khusus, bir Pletok ini terbuat dari kombinasi jahe, daun pandan dan rempah-rempah lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh. Nama bir pletok berasal dari bunyi yang dihasilkan saat campuran bahan-bahan tersebut disebut “pletok-pletok”.

Biji Ketapang

Makanan ini memiliki tekstur kering yang sangat enak. Dinamakan buah ketapang karena ukurannya yang kecil dan penampilannya yang kering, sehingga bentuknya seperti biji.

Tepung ini bisa Anda temukan di setiap sudut Jakarta.

 

Baca juga: Slot Gacor Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *