Kategori
artikel

Menikmati Sejuk Di Hutan Kota Jakarta

hutan kota

Tinggal di ibu kota Jakarta tidak pernah semenyenangkan ini. Masalahnya adalah bahwa itu selalu ada. Tapi, setidaknya di akhir pekan, saya tidak perlu keluar dengan gaya karena saya tidak tahu harus ke mana. Bahkan kini, warganya bisa menikmati liburan di pusat kota.

Begitu mengetahui tentang Hutan Kota GBK melalui konten salah satu kreator di TikTok, saya langsung heboh. Adegan piknik yang biasa saya lihat di film barat awal sekarang mungkin benar. Mendengar kata piknik, saya langsung teringat Central Park di Manhattan, New York. 340 hektar taman hijau dengan fasilitas.

Dikutip dari situs resmi Dinas Pariwisata DKI Jakarta, Hutan Kota GBK memiliki luas sekitar 4 hektar, awalnya lahan ini merupakan lapangan golf yang dikelola oleh GBK. Saat ini sedang disulap menjadi ruang terbuka hijau, paru-paru kota, dan kawasan konservasi.

Karena letaknya di pusat kota, akses menuju Hutan Kota GBK sangat mudah. Pilih saja naik MRT dan turun di stasiun Istora Mandiri atau naik bus Trans Jakarta dan turun di terminal bus Gelora Bung Karno. Orang yang lewat seperti saya bisa masuk dari Gerbang 5 yang berada di dekat FX Sudirman atau Gerbang 7 yang merupakan gerbang terdekat dengan Hutan Kota GBK.

Hutan Kota GBK terletak di sebelah hotel bernama Hutan Kota Plataran. Untuk menikmati fasilitas Hutan Kota GBK, pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis. Polisi hanya meminta pengunjung memverifikasi kode keamanan terlebih dahulu menggunakan aplikasi PeduliLindung untuk mencegah penyebaran virus COVID-19.

Meskipun ruang hijaunya tidak luas, itu akan cukup untuk merasakan pengalaman piknik yang sesungguhnya. Jangan datang di akhir pekan, tetapi pengunjung ramai di siang hari. Dari tua ke muda. Saat anak-anak sedang bermain di kolam ikan.

Bahkan jika sudah penuh, jangan khawatir, masih ada banyak ruang kosong untuk menggulung telur Anda. Atau jika Anda tidak membawa tikar, Anda juga bisa duduk di bangku yang disediakan untuk ini. Duduk di rerumputan saja tidak masalah. Piknik tidak lengkap tanpa makanan.

Beberapa tamu tampak sudah siap untuk membawa makanan yang mereka beli ke luar. Sebelum memasuki hutan, saya sempat membeli dua kotak pizza ukuran setengah. Hati-hati jika tidak ada penjual makanan di dalam. Namun nyatanya, hanya ada warung kecil di depan Hutan Kota GBK. Kedai ini hanya menyajikan mie instan dan makanan ringan. Jadi saya makan pizza sambil menunggu matahari terbenam datang dan saya mengagumi pemandangan gedung pencakar langit Jakarta.

Meskipun dia terbawa oleh pemandangan hijau dan angin, suara klakson mobil masih bisa terdengar dengan jelas. Lokasi Hutan Kota GBK berada di pinggir jalan, sehingga selalu ada kendaraan yang lewat di Jalan Jenderal Sudirman.

Berbeda dengan piknik di Shinjuku Gyoen Park di Tokyo, Jepang, di mana pengunjung bisa menikmati bunga sakura, hutan Kota GBK masih terlihat seperti hutan karena pohon yang ditanam masih muda. Tanaman baru ditanam di sini pada akhir Maret. Tapi tanamannya sangat berbeda. Ada pohon yang menakjubkan, yaitu Baobab (Adansonia Digitata), yang merupakan pohon dari Afrika.

Ada juga pohon langka bernama Kayu Ulin (Eusideroxylon zwageri) atau biasa dikenal dengan nama kayu ulin, salah satu pohon paling terkenal dan kuat di Kalimantan. Ada juga pohon Tabebuia yang membuat kota Surabaya terbang. Jika bunga-bunga sedang bermekaran, mungkin perasaan piknik di hutan GBK City akan seperti piknik sambil menikmati bunga sakura di Jepang.

Waktu terbaik untuk menikmati piknik di Hutan Kota GBK adalah antara pukul 15.00 hingga 17.00 saat matahari mulai terbenam. Antusiasme warga dan suasana di sini sangat tinggi. Salah satunya menonjol dari hasil ranking di Google Review yang sangat tinggi dengan skor 4,7 dari total 2000 review.

“Saya senang Jakarta memiliki ruang terbuka hijau. Sekarang aku sudah lelah berjalan-jalan di sekitar mall. Kadang saya juga ingin menikmati udara segar dan hari yang cerah,” tulis Agista Jung, salah satu tamu GBK City Forest di Google Review.

Nah, jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini, jangan lupa untuk membawa obat nyamuk jika tidak ingin digigit nyamuk.

 

Baca juga: Situs Slot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *